KEUNIKAN dan CIRI KHAS KOTA TUBAN

 KEUNIKAN dan CIRI KHAS KOTA TUBAN



memiliki ciri khas, budaya dan banyak yang ditonjolkan dari setiap daerahnya. Dan kali ini saya akan menjelaskan salah satu kota di jawa timur yaitu kota Tuban.

bicara tentang kota Tuban Kita semua sudah tau bahwa kota Tuban memiliki julukan yaitu kota Toak, yang mana hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Tuban pasti ada yang namanya Toak, ada juga yang menjuluki Tuban Bumi Wali dan masih banyak lagi. kenapa disebut  Disebut Kota Bumi Wali karena Tuban merupakan salah satu tempat berkumpul para Walisongo. Hal ini dilihat banyaknya makam wali yang berada di Tuban, seperti Sunan Bonang, Syaikh Maulana Ibrahim Asmaraqandi, Sunan Bejagung, Syaikh Achmad Kholil, dan lain sebagainya. Sunan Kalijaga merupakan salah satu anggota Walisongo yang berasal dari Tuban, yakni putra Adipati Tuban.
Banyak Tempat Wisata yang ada kota tuban:

1. Goa Akbar, di Gedongombo (Semanding)
2.Goa Putri Asih, di Nguluhan (Montong)
3.Goa Suci, di Leran (Palang)
4.Air Panas Prataan, di Wukiharjo (Parengan)
5.Air Terjun Nglirip, di Mulyoagung (Singgahan)
6. Pantai Sowan (Bancar). dll


Ciri khas dari Kota Tuban yang masih sering dijumpai saat ini adalah adanya acara khitan dan Nikahan yang disebut Duwe Gawe dalam bahasa jawanya, yang kedua disebut Slametan yang dilakukan setiap weton seseorang dengan kepercayaan untuk diberi keselamatan. Warganya pun terkenal dengan gotong royongnya dan pekerja keras dalam hal apapun.
     Budaya Kota Tuban yaitu masih melekatnya kepercayaan dari nenek moyang seperti Sedekah Bumi dengan tujuan Berterima kasih atas Hasil panen, serta Manganan Kuburan di hari-hari tertentu dan juga adanya Haul Sunan Bonang setiap malam Sura.



keunikan kota Tuban yaitu salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terletak di Pantai Utara Jawa Timur. Dengan 20 kecamatan dan beribukota di Kecamatan Tuban. Kabupaten Tuban mempunyai letak yang strategis, yakni di perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan dilintasi oleh Jalan Nasional Daendles di Pantai Utara. Kabupaten Tuban berbatasan langsung dengan Rembang disebelah barat, Lamongan disebelah timur, dan Bojonegoro disebelah selatan. Pusat pemerintahan Kabupaten Tuban terletak 100 km sebelah barat laut Surabaya, ibu kota provinsi Jawa Timur dan 210 km sebelah timur Semarang, ibu kota provinsi Jawa Tengah. Oleh karena itu, pada zaman dahulu Tuban dijadikan pelabuhan utama Kerajaan Majapahit dan menjadi salah satu pusat penyebaran Agama Islam oleh para Walisongo.

Komentar

  1. Apa ciri khas Kota Tuban yang menjadi daya tarik untuk para wisatawan?
    Visit us Telkom University

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIODATA

RS UMM, UMM INN Bookstore, dan menarik dari Sengkaling Kuliner